Penyakit Hati

Penyakit hati atau penyakit liver. Penyebab penyakit hati lebih dari 20. Paling sering disebabkan oleh infeksi. Bisa infeksi oleh parasit (amuba disentri, malaria, cacing, toxoplasma) dan terbanyak oleh virus.

Sampai sekarang dikenal delapan jenis virus hati. Paling jahat virus hepatitis B (HBV) dan hepatitis C (HCV). Ujung dari hepatitis bisa cirrhosis. Hati yang cirrhosis sel-selnya berubah menjadi jaringan ikat yang tak bisa pulih normal lagi, sehingga menurun fungsinya. Jika cirrhosisnya pada seluruh hati, fungsi hati lumpuh dan berakhir dengan gagal hati.

fase kerusakan hati

Hati yang cirrhosis sel-selnya berubah menjadi jaringan ikat yang tak bisa pulih normal lagi, sehingga menurun fungsinya. Jika cirrhosisnya pada seluruh hati, fungsi hati lumpuh dan berakhir dengan gagal hati. Hati juga bisa sakit oleh obat-obatan, minum alkohol, tercemar bahan kimia dan bisa juga bila ada sumbatan empedu akibat infeksi kandung empedu atau salurannya.

Di Indonesia hati bisa rusak oleh racun aflatoxin dari kacang busuk atau bahan jamu yang sudah berjamur. Selain itu, hati juga bisa kanker dan mengalami perlemakan hati (fatty liver).

Tubuh orang yang terserang penyakit hati, harus dihindarkan dari makanan dan masakan berlemak atau yang digoreng. Pada saat yang sama, jika bisa hendaklah mengonsumsi sedikit minyak zaitun mentah. Sebaiknya menghindari makanan yang manis-manis, seperti cokelat dan krim yang mengandung banyak busa dan telur.

Sedang mengenaik ikan, disarankan untuk tidak memakan ikan terlalu banyak, khususnya ikan salmon dan sarden. Sedang mengenai sayur-sayuran, semuanya boleh dikonsumsi kecuali sabankih (semacam bayam), bakung dan asam-asaman.

Disarankan bagi penderita liver untuk mengonsumsi biji-bijian dan buah-buahan selain buah pisang dan aprikot. Dan, juga disarankan banyak mengonsumsi umbi-umbian yang dipanggang dan direbus saja.

Adapun minum air jahe, dan yang semisalnya, maka semuanya sangat baik bagi penderita penyakit hati. Dianjurkan meminum air dalam keadaan bagaimanapun, kecuali yang sudah dicampur dengan bahan pengawet.

Penyakit hati disebabkan oleh banyak faktor penyebab, di antaranya :

- Pola hidup yang tak sehat. Tubuh dipaksa untuk bekerja keras sampai-sampai tidak memperhatikan asupan gizi.

- Pekerja malam atau orang yang sering begadang, rentan mengidap penyakit hati. Ini disebabkan secara biologis fungsi hatinya dipicu untuk bekerja lebih cepat sehingga detoksifikasi lebih tinggi. Akibatnya, kondisi tubu mudah drop.

- Adanya infeksi virus atau bakteri

- Kecanduan alkohol

- Efek samping obat-obatan tertentu yang merupakan racun bagi hati

- Kelainan bawaan lahir

- Kelainan-kelainan dalam metabolisme tubuh

- Adanya trauma atau luka

- Kurang gizi

- Tidak memperhatikan kebersihan alat-alat makan dan minum

- Penyakit hati menular lewat darah, keringat, hubungan seks dan air liur.


=====================================

>>> Obat Maxgiver Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hati and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>