Macam-Macam Penyakit Pada Hati

Macam-Macam Penyakit Pada Hati – Penyakit liver dapat diartikan juga sebagai penyakit hati dalam arti yang luas karena pada dasarnya penyakit hati merupakan gangguan fungsi hati sehingga menyebabkan hati gagal atau tidak dapat bekeraja secara optimal sesuai dengan fungsi kerjanya. Umumya sekitar 75% atau 3/4 dari jaringan hati akan terpengaruh sebelum terjadiny penurunan fungsi hati.

Macam-Macam Penyakit Pada Hati

Macam-Macam Penyakit Pada Hati

 PENYAKIT HATI

Macam-Macam Penyakit Pada Hati sangat beragam tergantung dari penyebabnya. Berikut ini ada beberapa faktor penyebab umum dari penyakit hati :

1. Penyakit hati karena infeksi, jenis penyakit ini terjadi karena adanya penularan virus hepatitis yang dapat bersumber dari bahan makanan dan minuman yang telah terkontaminasi, jarum suntik, aktivitas seksual yang tidak sehat dll.

2. Penyakit hati karena toksin/racun dapat terjadi karena konsumsi obat-obatan, alkohol yang ersifat toksik pada hati. terlalu banyak mengkonsumsi obat akan menimbulkan penimbunan obat dalam hati sehingga beresiko pada kesehatan hati.

3. Gentik atau keturunan, penyakit hati juga dapat terjadi karena faktor keturunan seperti pada beberapa kasus penyakit hati hemochromatosis.

4. Penyait hati karena gangguan kekebalan atau sistem imun tubuh seperti pada kasus hepatitis autoimun dimana gangguan pada sistem kekebalan melakukan perlawanan terhadap jaringan tubuh sendiri terutama pada sel-sel hati sehingga menimbulkan peradangan pada hati.

5. Penyakit hati yang disebabkan oleh kanker hati, Pada kasus Macam-Macam Penyakit Pada Hati dapat disebabkan oleh senyawa karsinogenik diantaranya aflatoxin, polyvinyl chloride (bahan pembuatan plastik), virus dll. Aflatoxin merupakan racun yang diproduksi oleh Aspergillus flavus dan dapat menkontaminasi makanan selama penyimpanan, seperti kacang-kacangan, padi dan singkong terutama pada daerah tropis. Hepatitis B dan C maupun sirosis hati dapat berkembang menjadi kanker hati.

Salah satu jenis penyakit hati yang berbahaya dan sering terjadi adalah jenis penyakit hepatitis B. Penyakit hepatitis B dianggap sebagai salah satu jenis penyakit yang berbahaya adalah karena bisa menimbulkan kematian jika tidak ditangani dengan segera. Penyakit hepatitis B merupakan salah satu bentuk infeksi pada penyakit hepatitis. Hal ini juga biasanya disebut dengan istilah penyakit HBV dan bisa mempengaruhi hati dengan virus yang disebut dengan virus hepatitis B. Disaat orang terkena infeksi penyakit ini maka kemungkinan mereka akan mengalami satu dari dua kondisi, yakni adalah kondisi kronis dan kondisi akut. Dari jumlah ini, kasus HBV kronis merupakan salah satu jenis penyakit hepatitis yang berbahaya karena masih belum ada obat yang bisa membantu menanganinya. Untuk itulah umumnya akan membuat hati menjadi rusak dan kodisinya bisa menjadi semakin parah, menimbulkan penyakit kanker hati atau terjadinya kegagalan yang lengkap dibagian organ hati. Pada beberapa jenis paparan orang yang mengalami infeksi atau juga darah dan cairan dari orang yang mengalami infeksi merupakan cara yang umum dari penularan penyakit hepatitis B. Hal ini merupakan hal yang tersering terjadi dari orang ke orang lewat jarum yang sudah terinfeksi, melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman atau kondom, dan saat melahirkan menularkan infeksi ke anaknya.

Cara mengobati penyakit hepatitis B ini adalah dengan memberikan obat yang membantu untuk menurunkan lambat hati, namun hal ini masih kurang memadai jika digunakan dalam jangka waktu panjang. Dan beberapa orang yang mengalami HBV kronis biasanya akan pulih dari penyakit namun mempertahankan jenis virus ditubuh mereka serta menjadi salah satu pembawa penyakit HBV namun dalam hal yang lain yang lebih sehat lagi.

PENYAKIT HEPATITIS C

Selain penyakit hepatitis B, penyakit hepatitis yang biasanya menyerang manusia adalah penyakit hepatitis C. Penyakit hepatitis C ini biasanya tidak luput dari pengalaman penderita. Hal ini dikarenakan penyakit hepatitis C yang tidak menunjukkan suatu gejala apapun yang bisa dilihat hanya dengan mata telanjang. Oleh sebab itulah, untuk memastikan bahwa seseorang mengalami atau menderita penyakit hepatitis C ini maka mereka wajib melakukan tes pemeriksaan uji laboratorium untuk memeriksakan sampel urin yang dimilikinya. Dan dari hasil uji laboratorium inilah, maka akan diketahui apakah orang tersebut menderita penyakit hepatitis C atau tidak. Walaupun demikian, ada beberapa hal yang menjadi suatu indikasi dari seseorang menderita penyakit hepatitis atau tidak. Indikasi ini biasanya dijadikan sebagai patokan utama sebelum melakukan tes uji laboratorium. Indikasi tersebut adalah :

  1. Mengalami kelelahan drastis, mereka biasanya akan menderita kelelahan yang maksimal.
  2. Nafsu makan yang hilang dalam jangka waktu yang lama. Keadaan seperti ini akan muncul seiring dengan kondisi kesehatan yang semakin menurun pada seseorang. Oleh sebab itulah, jika Anda kehilangan nafsu makan dalam waktu yang lama, periksakanlah diri Anda ke dokteer.
  3. Urin yang akan berubah warna menjadi agak gelap dan pekat. Keadaan seperti ini biasanya merupakan suatu hal yang sering dialami oleh penderita penyakit hepatitis. Dan jangan pernah menyepelekan kondisi seperti ini.
  4. Perubahan warna yang berubah pada kulit serta mata. Namun hanya saja, tidak semua mereka yang menderita penyakit hepatitis C akan mengalami keadaan seperti ini.
  5. Rasa sakit dibagian perut yang terjadi dengan berlanjut dan terjadi dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, biasanya juga beberapa orang yang mengalami masalah ini akan menganggap bahwa mereka hanya sedang mengalami masalah pada sistem pencernaan atau sedang mengalami penyakit kram perut saja.

Macam-Macam Penyakit Pada Hati


=====================================

>>> Obat Maxgiver Untuk Membantu Mengobati dan Menyembuhkan Hepatitis A, Hepatitis B, Hepatitis C dan Pencegahan Hepatitis dan juga Menyehatkan Fungsi Hati, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hati and tagged , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>